Rekomendasi Wisata di Taman Nasional Gunung Tambora

Foto Armand : Curug Oi Marai
Kasiso Kore - Curug Oi Marai menjadi alternatif tempat rekreasi alam yang menyenangkan bagi pecinta Wisata alam. Suasana yang sejuk dengan alam yang masih asri menjadi daya tarik dan alasan untuk berkunjung ke tempat ini umumnya pada hari libur maupun akhir pekan.

Air Terjun Bidadari SP4 Tambora

Obyek wisata ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Tambora yang dikelilingi sebagian pepohonan dan hutan . Letaknya yang berada di Desa Kawinda To,I Kecamatan Tambora, Kab. Bima tepat di kaki Utara Gunung Tambora  dengan ketinggian hanya lebih kurang 600 meter di atas permukaan laut menjadikan tempat ini mudah dijangkau baik dengan roda dua maupun roda empat. Hutan di kawasan sekitar curug Oi Marai ini cukup lebat sehingga menjadikan tempat ini memiliki suhu yang sejuk.



Foto Armand : Curug Oi Marai

Pemberian nama Curug Oi Marai menurut sejarah yang disampaikan oleh penduduk setempat Tidak terlepas dari nama sungai sebagai tempat air terjun itu sendiri dengan alirannya yang cukup deras sehingga nama curug Oi Marai diberi nama persis sama dengan nama sungai  Oi Marai, dan bila diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti air yang mengalir cukup deras dan jernih.

Foto Armand :  Sungai Oi Marai

Curug ini juga di tahun 2006, dijadikan sebagai jalur pendakian anak-anak SAPA SMAN 1 Sanggar untuk menuju puncak Gunung Tambora
Di kawasan Curug Oi Marai juga terdapat beberapa curug lainnya seperti Curug SP4 KTM Tambora, yang berada Tidak jauh dari  Curug Oi Marai, dan masih banyak lagi curug-curug yang lain yang belum bisa saya sebutkan.

Cara menuju Curug Oi Marai

1.Kendaraan umum

Bagi anda yang ingin menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan bus yang biasa mangkal menunggu penumpang di pasar raya desa Kore Kec. Sanggar pada pukul 14.30 wita karna bus untuk saat ini masih sangat terbatas sekali yang beroperasi dengan tujuan desa desa yang ada di kec. Tambora jadi, untuk waktu pagi bus masih dalam perjalanan dari kec. Tambora. Jarak tempuh apabila menggunaakan bus sekitar lebih kurang 2 jam perjalanan mengingat masih ada jalan yang belum tersentuh aspal dan mau tidak mau anda harus bermalam di Desa Kawinda To,I atau yang lebih dekat di SP 3. Dampak dari terbatasnya angkutan dan jalan yang sebagian masih belum diaspal membuat tarif bus Rp. 50.000 Per kepala dengan tujuan desa desa yang ada di  kecematan Tambora.
Selain bis anda juga bisa menggunakan angkutan sewa seperti rental motor dan rental mobil dengan tarif  negosiasi.

2.Kendaraan pribadi/motor

Bagi anda yang ingin lebih santai bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor dengan semua jenis. Sepanjang perjalanan dari desa Kore anda akan disuguhi pemandangan pantai dan bebukitan dengan view yang mengesankan mata. Sebelum sampai di curug Oi Marai juga terdapat rekomendasi wisata lain seperti Pantai Mene Mu’u yang ada di Desa Boro Kec. Sanggar dengan pantai dan pulau-pulau kecilnya yang masih asri dan berpasir putih.

Foto Armand : Labu Bili
Selepas pantai ini anda akan disuguhi pemandangan pantai desa piong dari jalan raya yang ada di atas bukit Doro Sagolo.
Belum selesai di sini anda masih bisa singgah dan beristrahat dan menikmati beningnya mata Air Tampiro yang mugkin tidak asing lagi ditelinga masyarakat Kab. Bima dan Dompu sebab tempat ini lebih dulu Populer dikalangan pecinta rekreasi dari kab. Bima dan Dompu NTB, dan sekitarnya.

Foto Armand : Mata Air Tampuro

Itulah sebagian rekomendasi wisata yang bisa saya sebutkan untuk kali ini. masih banyak lagi potensi wisata yang cukup terkesan di semenanjung Sanggar yang belum saya sebutkan. 💚💚💚💚💚

0 komentar