Kore Sanggar

Casiso Kore_Kore adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Sanggar Kab. Bima NTB. Desa ini bisa dikatakan sebagai desa Agraris, Karena hampir semua penduduknya menggantungkan hidup dengan bercocok tanam.Seiring dengan kemajuan teknologi Pertanian, Masyarakat sanggar sudah selangkah lebih maju dengan tanaman yang akhir-akhir ini menjadi primadona dan menjadi buah bibir sekaligus
menjadi komoditi unggulan yang ada di Desa Kore Khususnya dan kecamatan sanggar pada umumnya yaitu "Jago Kala" (Jagung Hibrida). Bercocok tanam jago di kalangan petani sanggar katanya susah susah gampang, karena bercocok tanam jagung hibrida tidak memerlukan pengolahan tanah seperti menanam bawang, kacang tanah dan tanaman lainnya, dengan hanya lahan dibersihkan jago sudah bisa di tanam.

 Tanaman Jago Kala (Jagung Hibrida)
Di desa Kore jago kala biasa ditanam ditegalan (oma) pada saat Musim hujan. Sekitar Bulan Oktober sampai dengan September para petani jago kala biasanya menyiapkan segala kebutuhan  untuk menanam jago kala (Jagung Hibrida), mulai dari penyiapan lahan, penyedian Bibit, Herbisida,pupuk dan lain sebagainya.

Sisi Positif menanam Jago Kala adalah selangkah lebih baiknya taraf perekonomian masyarakat sanggar, Sehingga kenakalan remaja seperti maling Ayam dan tindak kriminal lainya terminimalisir dengan adanya kegiatan tahunan ini.

Akan tetapi dibalik kegiatan itu semua dihadang oleh bencana Banjir yang terus  mengintai dan menjadi langganan tahunan dimusim hujan. Banjir gunung dengan patokan curah hujan. Apabila intensitas dan curah hujan tinggi maka tidak bisa dielak lagi banjir akan serius menerjang pemukiman, asumsinya penyebabnya salah Exsplorasi lahan yang ada digunung untuk lokasi bercocok tanam jagung ini sehingga kayu yang sedianya sebagai penyedot penyangga dan peresap air sudah tidak berfungsi karena memang sudah tidak ada lagi dan akhirnya banjirpun datang tanpa mata. Dilema memang buat pemerintah setempat mengatasi persoalan ini. Sebab perekonomian sanggar hanya mengandalakan bercocok tanam "Jago Kala"
Bagi sebagian kalangan beranggapan Bahwa "Banjir adalah hadiah bernilai Miliaran Rupiah Pertahunnya"

Foto Panen Raya Jagung Hibrida oleh Bapak Bupati Bima Lokasi Desa Boro
Terlihat Jelas Hamparan Lahan Yang luas dengan tanamannya yang menghijau, indah dilihat dimusm hujan, kala musim kemarau lokasi ini memprihatinkan.


0 komentar