" Nisa Kaniki "

Foto LKLI
Indonesia seperti yang kita ketahui adalah merupakan negara kepulauan dengan 5 pulau besar serta pulau-pulau kecil yang tersebar disekitarnya. Dengan luas wilayah yang sebagian besar lautan, sehingga Indonesia disebut sebagai negara maritim. Potensi sumber daya alam hutan serta perairannya, berupa flora, fauna dan ekosistem termasuk di dalamnya gejala alam adalah bentuk keindahan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Foto Google Maps
Salah satu potensi Alam indonesia adalah keindahan pantainya dengan sederet pulau-pulau kecilnya seperti “Nisa Kaniki” yang perlu dapat perhatian untuk ditata. Seiring dengan potensi keindahan pantai yang ada di pulau-pulau besar sudah mulai tercemar oleh pembangunan serta gaya hidup masyarakat yang kurang sehat, seperti yang ada di kota-kota besar. Hal ini di sebabkan karena kerusakan alam akibat tidak dirawatnya kondisi alam yang ada. Oleh sebab itu perlu adanya campur tangan pemerintah mempertahankan kondisi alam yang asri.

Berbagai pulau dengan pantai pantai yang memilki kondisi alam yang masih baik perlu mendapat perhatian khusus dalam perencanaan, hal ini bertujuan untuk tetap menjaga potensi-potensi alam agar tidak rusak. Salah satu pantai yang memiliki pontensi alam yang besar adalah pantai dan Pulau “Nisa Kaniki”yang terletak di Desa Kore Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Tepatnya 30 km kearah Utara dari Gunung Tambora atau kurang lebih 63 km dari Kota Kab. Bima. Pantai dan Pulau “Nisa Kaniki” merupakan contoh wisata alam yang belum banyak diketahui masyarakat baik itu wisatawan Lokal maupun Mancanegara. pantai dan Pulau “Nisa Kaniki” Desa Kore Kecamatan Sanggar Kab. Bima Nusa Tenggara Barat merupakan tempat wisata yang jarang dikunjungi wisatawan ,Padahal, banyak sekali keindahan yang disuguhkan oleh keindahan Pantai Pulau “Nisa Kaniki” ini.
Foto LKLI Pulau "Nisa Kanki"
Berbagai potensi yang di miliki pantai dan Pulau “Nisa Kaniki” yaitu keindahan panorama alam pantai yang menyejukkan hati, daratan kecil yang menjorok ke laut Flores  ini menyimpan Keindahan yang khas , selain pulau kecil yang dikelilingi air laut, pantainyapun berpasir putih ini yang menarik untuk di tata. Kondisi geografisnya yang stabil, bahkan telah menjadikan keelokan kawasan wisata dapat dinikmati dalam cuaca apa pun, baik di musim kemarau maupun ketika musim penghujan tiba. Nama pantai dan Pulau “Nisa Kaniki” ini berasal dari sejarah masyarakat setempat bahwasannya “Kaniki” ini merupakan bahasa bima yang artinya bermacam-macam, berdasarkan cerita, ditempat ini pulalah disimpan dan ditimbunya berbagai macam kekayaan kerajaan Sanggar waktu diserang oleh penjajah Belanda dan Jepang silam, diperkuat lagi dengan banyak ditemukannya barang-barang berupa gerabah dan peralatan masa itu oleh masyarakat setempat.
Foto LKLI Galian Budaya
Namun kondisi perencanaan yang kurang baik dan belum tersedianya fasilitas-fasilitas wisata serta kurang terawatnya kondisi tempat ini menjadikan pantai dan Pulau “Nisa Kaniki”  kurang dikenal oleh para wisatawan dan kurang di minati. Banyak potensi alam yang dapat di manfaatkan sebagai ekowisata yang dapat mengembangkan potensi lingkungan menjadi lebih terjaga. Untuk memperkenalkan wana wisata pantai dan Pulau“Nisa Kaniki” adalah salah satu objek wisata yang menarik yang ada di Propinsi NTB umumnya dan Desa Kore kecamatan Sanggar Kab.Bima Pada Khusunya. 
         

Sesuai dengan tema besar yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu “Visit Lombok – Sumbawa”,  sebagai kota yang berpotensi wisata. sektor wisata memiliki peran yang startegis  dalam memberikan sumbangan devisa , dan turut serta memajukan dan mengangkat perekonomian masyarakat sekitar, Oleh karena itu perlu adanya pengembangan Fasilitas dan Sirkulasi yang dapat menjadikan lokasi ini menjadi menarik dan sebagai tempat melepas segala rutinitas yang melelahkan serta bermanfaat sebagai tempat wisata yang baik yang dapat untuk menambah ilmu pengetahuan tentang alam dan sebagai obyek wisata yang dapat di unggulkan. Semoga saja...

0 komentar